Cara Menjaga Kesehatan Gigi Tetap Sehat dan Putih Alami

 
Gigi merupakan bagian tubuh yang memiliki peranan yang penting dalam berjanya organ tubuh kita karena konsumsi makanan melalui mulut diproses dengan cara mengunyah, dan gigi merupakan bagian tubuh pertama kali yang berfungsi untuk menghancurkan makanan sebelum mauk ke proses pencernaan.
Dokter gigi atau ahli kesehatan akan membantu dalam mengembangkan teknik kebersihan mulut yang baik dan mengajarkan pada Anda untuk mengidentifikasi daerah yang membutuhkan perhatian ekstra selama menyikat gigi dan flossing .

Salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk gigi dan gusi adalah menjaga kebersihan mulut Anda dengan baik . Kesehatan gigi tidak hanya memberikan tampilan yang baik tetapi juga akan membuatnya terasa nyaman. Kesehatan mulut sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.
Perawatan pencegahan harian untuk mencegah sakit gigi dapat anda mulai dengan rajin gosok gigi, flossing serta menghindari makanan yang dapat menimbulkan kerusakan pada gigi hal ini bertujuan untuk  menghindari masalah di kemudian hari, perawatan dengan baik setiap hari akan mengurangi resiko menyakitkan dari sakit gigi hal ini sangat baik untuk dilakukan.

Lakukan kunjungan rutin pada dokter gigi , ada beberapa langkah sederhana yang kita masing-masing dapat anda ambil untuk mengurangi resiko gigi berlubang , penyakit gusi dan masalah gigi lainnya :
Gosok gigi secara menyeluruh , membersihkan celah gigi menggunakan benang gigi dan obat kumur setidaknya dua kali sehari .
Makan diet seimbang dan membatasi makanan ringan di antara waktu makan
Fluor Menggunakan produk gigi termasuk pasta gigi
Gunakan obat kumur fluoride jika dokter gigi Anda menyarankan

Makanan yang manis-manis sering menjadi kambing hitam penyebab gigi sakit dan berlubang. Tapi ada beberapa makanan sehat yang justru bisa menjadi sahabat dan menyehatkan gigi. Apa saja?
Makanan tertentu seperti makanan manis dan bersoda dapat menjadi musuh bagi gigi. Semakin lama terpapar dan makin tinggi frekuensi makanan yang menjadi musuh gigi, maka akan semakin bahaya bagi gigi Anda.
dan ini adalah makanan yang baik untuk gigi :
Keju
Keju dapat menyeimbangkan pH dalam mulut, sehingga bisa menjadi alternatif sebagai hidangan penutup.
2. Teh hijau
Minuman yang dikenal dengan khasiat melangsingkan ini sangat dianjurkan oleh dokter gigi karena dapat membunuh kuman di dalam mulut, sehingga mencegah pembentukan plak dan kerusakan gigi.
3. Bawang merah
Bawang merah mengandung senyawa sulfur tertentu yang membuat salah satu anti bakteri alamin paling kuat.
4. Daun mint
Daun mint baik untuk mulut karena dapat membantu melawan bau mulut.
5. Biji wijen
Biji wijen mengandung kalsium tinggi dan dapat meningkatkan kesehatan gigi Anda.
6. Air putih
Cukup minum air putih dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dan juga merangsang sekresi air liur. Minum air putih juga membantu mencuci partikel makanan yang jauh terjebak di gigi.

Tentunya gigi dan mulut bukanlah organ tubuh yang sepele ya sobat mengingat peran utamanya sebagai pintu awal untuk memenuhi kebutuhan dasar kita sebagai manusia, yakni makan dan minum.

Baik itu atlet basket, bulu tangkis, renang dimana mereka tentunya memiliki aktifitas fisik yang lebih banyak, beresiko benturan atau tekanan lebih tinggi daripada orang biasa, serta sering berkeringat sehingga juga beresiko memiliki gigi bermasalah atau pengeroposan tulang rahang akibat perawatan gigi dan mulut yang salah karena banyaknya aktifitas fisik yang mereka lakukan itu

Tetapi jika terdapat masalah pada gigi atau mulut atlet tentunya dapat menjadi masalah buruk dan dapat mengganggu jadwal kegiatan yang telah disusun karena merasa tidak nyaman dan konsentrasi berkurang. Benar demikian ya sobat? Karenanya tetap perlu untuk memberikan perawatan gigi dan mulut terbaik sesuai dengan kebutuhan atlet yakni sebagai berikut.


Air Putih 
Sebagai seorang atlet, tentu dalam keseharian sering berhadapan dengan jadwal latihan yang padat ya sobat, dimana latihan tersebut membutuhkan tenaga berupa air untuk mencegah hidrasi, tentunya banyak pilihan minuman untuk atlet yang baik untuk menunjang kegiatannya, namun yang terbaik sebaiknya pilih air putih untuk menjaga hidrasi dimana terdapat manfaat minum air putih bagi kesehatan gigi.
Gunakan Minuman Olahraga Sesuai Kebutuhan Minuman untuk stamina tubuh khusus atlet atau suplemen intra latihan terkadang menjadi kebutuhan rutin atlet untuk menunjang aktifitas fisik yang dilakukan sekaligus menjaga stamina agar tidak mudah sakit. Namun terkadang minuman demikian mengandung kadar gizi tertentu yang tinggi yang tidak sesuai untuk kebutuhan harian sehingga dapat melemahkan gigi.
Hindari Makanan Asam Sebelum Tidur
Makanan asam bukan makanan yang berdampak buruk langsung bagi gigi, namun sobat, makanan asam jika dikonsumsi dalam waktu atau kondisi tertentu memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Bagi atlet, istirahat di waktu tidur malam adalah waktu terbaik untuk mengembalikan stamina, jika sebelum tidur atlet makan makanan asam, maka beresiko akan menaikkan asam lambung dan juga membuat kondisi mulut tidak nyaman karena terpapar makanan yang asam dan langsung terpapar ulang dengan bahan pasta gigi.
Makanan Kaya Kalsium
Atlet tentu membutuhkan tulang dan gigi yang kuat, makanan yang baik untuk atlet ialah banyak makan maknan yang mengandung kalsium seperti susu, keju, dan yogurt. Makanan tersebut dapat dikonsumsi dalam kadar seusai kebutuhan per harinya sehingga kalsium yang masuk memberi dampak baik pada kegiatan olahraga yang dilakukan sekaligus menguatkan gigi.

 Makanan Pemutih Gigi

Selain perawatan ke dokter gigi, orang Amerika dikenal gemar membeli produk-produk pemutih gigi tanpa resep. Padahal, cukup banyak bahan alami dan murah yang bisa membantu mencerahkan warna gigi.
Apel, kacang hijau segar, kembang kol, wortel, dan buah-buahan renyah lainnya membantu memutihkan gigi. Buah tersebut yang dimakan mentah dan segar akan bertindak seperti sikat gigi alami dan menyapu sisa makanan dan noda yang tertinggal di gigi.
Keuntungan lainnya adalah buah-buahan itu rendah kalori dan tinggi nutrisi. Mengunyah buah-buahan segar juga secara tidak langsung memijat gusi dan meningkatkan sirkulasi darah ke bagian gusi sehingga jaringan gusi tetap sehat. Mengunyah buah juga akan meningkatkan produksi air liur, cairan yang penting bagi kesehatan mulut dan gigi.
Buah lain yang juga disarankan adalah stroberi dan jeruk. Stroberi mengandung enzim yang disebut asam malik yang membantu gigi tetap putih.
Demikian tadi artikel kesehatan gigi, dengan mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga agar gigi anda sehat dan kuat.
Selesai menyikat gigi, lengkapi dengan berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptik. Ini berguna untuk melindungi gigi dari plak. Pada mulut yang sedang mengalami masalah, misalnya luka pada gusi dapat menggunakan mouthwash yang mengandung antibiotik.

Scroll To Top