Tips Menjaga Kesehatan Agar Tehindar Dari Bahaya Merokok

Hasil gambar untuk artikel kesehatan tentang rokok




bahaya rokok bagi kesehatan sudah banyak diketahui masyarakat. namaun akibat merokok bagi kesehatan tubuh yang sudah jelas jelas berbahaya dikarenakan rokok mengandung banyak zat racun tetap saja diabaikan oleh masyarakat. berikut dibawah ini artikel lengkap tentang penjelasan zat-zat berbahaya dalam rokok, cara berhenti merokok, pengertian rokok, bahaya merokok dan akibat rokok bagi kesehatan serta penyakit yang ditimbulkan akibat merokok

 Salah satu dampak utama jika kamu merokok adalah terkena penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian diakibatkan penyakit jantung. Sebenarnya mengapa rokok itu sangat berbahaya bagi kita? Apa saja dampak negatifnya? Nah, simak berikut ini.

Sebenarnya, perang terhadap rokok sudah dilakukan oleh berbagai orang secara individu maupun secara kelembagaan dan organisasi. Tidak salah akhirnya jika pada setiap tanggal 31 Mei seluruh dunia merayakan atau mengkampanyekan World No Tobacco Day, atau di Indonesia kita menyebutnya hari tanpa asap rokok. Perlu kamu tahu bahwa World No Tobacco Day tersebut adalah anggota dari badan kesehatan dunia-WHO. Jadi, bisa dipastikan bahaya merokok memang benar dan bukan main-main.

Faktor utama yang menjadi penyebab pelajar merokok adalah lingkungan. Masa remaja yang penuh dengan rasa ingin tahu membuat mereka ingin mencoba banyak hal. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rokok mengandung nikotin yang mengakibatkan kecanduan. Maka sekali merokok, akan sulit untuk berhenti, kecuali ada kemauan yang keras dan bantuan dari lingkungan. Hal yang kedua ini tentu tidak akan didapatkan ketika para pelajar berada dalam lingkungan perokok. Bahkan banyak diantara para pelajar yang menganggap bahwa pria yang tidak merokok itu tidak jantan. Hal inilah yang menyebabkan para pelajar banyak yang menjadi perokok, dikarenakan rokok merupakan salah satu dari ajang mereka untuk mengaktualisasikan diri mereka. Sebagai simbol bahwa mereka adalah orang gaul dan eksis.


Cara Berhenti Merokok
  1. Kamu harus memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
  2. Belajarlah untuk membenci rokok.
  3. Bergaulah dengan orang yang tidak merokok.
  4. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
  5. Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
  6. Beritahu teman dan orang terdekat kalau kamu ingin berhenti merokok.
  7. Jika kamu belum bisa berhenti merokok, cobalah untuk mengurangi jumlah merokok sedikit demi sedikit.
  8. Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
  9. Bacalah tentang artikel yang menyangkut kesehatan terutama rokok, agar tau pentingnya betapa bahayanya merokok.
  10. Cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula.
  11.  
  12.  Pengaruh bagi tubuh manusia :
  13. Membunuh sel dalam saluran darah
  14. Meningkatkan produksi lendir di paru-paru
  15. Menyebabkan kanker paru-paru

  • Karbon Monoksida
Karbon monoksida adalah gas yang dapat menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.

Pengaruh bagi tubuh manusia :
  1. Mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
  2. Menghalangi transportasi dalam darah

  • Zat Karsinogen
Pengaruh bagi tubuh manusia :
  1. Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

  • Zat Iritan
Pengaruh bagi tubuh manusia :
  1. Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru
  2. Menyebabkan batuk
Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam asap rokok, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).
  • Merokok Dapat Mengganggu Istirahat Anda
Bahaya yang pertama jika kamu menghisap rokok adalah dapat mengganggu jam istirahat kamu. Sebuah penelitian yang muncul dalam jurnal edisi Februari 2008 yang diterbitkan oleh American College of Chest Physicians (ACCP) mengungkapkan bahwa masa tidur nyenyak seorang perokok lebih sedikit daripada non-perokok.

Mengganggu istirahat, memang bukan dampak yang terlalu berbahaya, namun dalam jangka panjang, tidur yang tidak nyenyak akan membuat umur kamu menjadi lebih singkat.
  • Kanker payudara
Bahaya merokok yang kedua adalah kanker payudara. Sebenarnya para ahli kanker masih berdebat akan hal ini. Tentang apakah rokok itu dapat menyebabkan kanker payudara atau tidak pada manusia. Namun, telah mereka berhasil membuktikan bahwa zat-zat kimia yang terkandung di dalam rokok dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker payudara pada hewan yang telah diuji cobakan.
Pengertian Rokok
Rokok adalah slinder dari kertas berukuran panjang aatara 70 hingga 120mm (bervariasi tergantung negaranya) dengan diameter sekitar 10mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Rokok merupakan produk yang berbahaya & adiktif (menimbulkan ketergantungan). Di dalam rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya yang 69 diantaranya merupakan zat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker). Zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok antara lain : tar, karbon monoksida, sianida, arsen, formalin, nitrosamine dll. 

B.     Jenis-jenis perokok

Berdasarkan jenisnya perokok dibedakan menjadi :

a.       Perokok aktif
Mereka telah terbiasa dan nyata menghisap rokok dan menanggung sendiri akibatnya.

b.      Perokok pasif
Mereka sebenarnya tidak merokok namun karena ada orang lain yang merokok didekatnya maka ia terpaksa harus ikut menghisap asap rokok dengan segala akibatnya.

Berdasarkan jumlahnya perokok dibagi menjadi :

a.       Perokok ringan.
Perokok yang merokok atau menghabiskan sekitar 1-10 batang rokok per hari.
b.      Perokok sedang.
Perokok yang menghabiskan sekitar 10-20 batang rokok per hari.
c.       Perokok berat.
Perokok yang menghabiskan lebih dari 20 batang rokok per hari.
Rokok adalah produk berbahaya yang didalamnya terdapat 4000 zat kimia yang berbahaya. Merokok dapat mengakibatkan munculnya penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Ada banyak sekali penyakit yang di akibatkan oleh rokok diantaranya adalah penyakit jantung, kanker paru-paru dll. Merokok itu tidak hanya merugikan bagi pelakunya saja, tapi juga bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Sehingga rokok ini sangat merugikan, baik bagi pelaku sendiri maupun bagi orang lain di sekitarnya. Kegiatan merokok bisa diatasi dengan berbagai macam cara diantaranya dengan mengisi waktu luang dan berolahraga yang teratur, dan tentu yang paling penting adalah bulatnya tekad bagi seorang perokok untukTahukah kamu, jika jumlah kematian yang di akibatkan oleh rokok mencapai kurang lebih 239.000 kematian? Angka ini hampir sama dengan jumlah kematian yang diakibatkan oleh tsunami Aceh pada tahun 2004. berhenti merokok.
  • Nikotin
Nikotin adalah salah satu zat yang terkandung di dalam rokok yang dapat mengakibatkan kecanduan atau ketagihan pada seseorang untuk menghisap rokok.

Pengaruh bagi tubuh manusia :
  1. menyebabkan kecanduan / ketergantungan
  2. merusak jaringan otak
  3. menyebabkan darah cepat membeku
  4. mengeraskan dinding arteri
  5. Tar 
Tar adalah bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker.
Scroll To Top